Penjelasan Al-Qur’an tentang nikmat allah SWT dan Hadits tentang Syukur

“Al-Qur’an tentang nikmat allah SWT, dalam surat Q.S. Az-Zukhruf: 9-13 dan Al-ankabut  beserta hadits tentang syukur.

Q.s az-zukhruf ayat 9-13

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
وَلَئِن سَأَلْتَهُم مَّنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ لَيَقُولُنَّ خَلَقَهُنَّ الْعَزِيزُ الْعَلِيمُ {9} الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اْلأَرْضَ مَهْدًا وَجَعَلَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلاً لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ {10} وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً بِقَدَرٍ فَأَنشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَّيْتًا كَذَلِكَ تُخْرَجُونَ {11} وَالَّذِي خَلَقَ اْلأَزْوَاجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ الْفُلْكِ وَاْلأَنعَامِ مَاتَرْكَبُونَ {12} لِتَسْتَوُا عَلَى ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَاكُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ

Artinya: 
Dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka:’’siapakah yang menciptakan langit dan bumi?’’,niscaya mereka kan menjawab :’’semuanya di ciptakan oleh yang maha perkasa lagi maha mengetahui’’.

Yang menjadikan bumi untuk kami sebagai tempat menetap dan dia membuat jalan-jalan diatas bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk. 

Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang di perlukan)lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati,seperti itulah kamu akan di keluarkan (dari dalam kubur).

Dan yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. Supaya kamu duduk di atas punggungnya kamudian kamu ingat ni’mat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Q.S. Az-Zukhruf: 9-13

Tafsir surat Az-Zukhruf: Ayat 9-13. ini didasarkan atas kitab tafsir: Ar-Roozi, At-Thobary, dan Al-Maawardii

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa orang-orang kafir pun mengakui bahwa pencipta langit dan bumi beserta isinya adalah Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana, namun demikian mereka menyembah selain Allah dan mengingkari kekuasaan-Nya untuk membangkitkan (ummat manusia), sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.
Kemudian Allah merinci ciptaan-ciptaan-Nya yang menunjukkan sifat-sifatnya:

Sifat pertama: Al-Kholiq. Dia Pencipta langit dan bumi. Para Ahli teologi menjelaskan bahwa perbuatan pertama Allah adalah mencipta. Oleh sebab itu Allah memulai dengan menyebut diri-Nya sebagai Pencipta. Hal ini jika kita menafsir kan kata “Khalq” dengan “Ihdats dan Ibdaa’ “.

Sifat Kedua: Al-Aziz yang berarti Yang Menang (al-ghaalib), Yang mengungguli, dan yang menghasilkan kemapanan, yaitu, kekuasaan (qudroh). Al-Aziz adalah kekuasan (kemampuan) yang sempurna.

Sifat ketiga: Al-Aliim, yaitu, yang menunjukkan kesempurnaan ilmu. Kesempurnaan ilmu dan kekuasaan jika terintegrasi dapat membuat seseorang mempu menciptakan apa pun. Oleh sebab itu Allah menyifati diri-Nya dengan kedua sifat ini.

Sifat keempat: Dia yang membuat untukmu bumi sebagai “mahdan” (terhampar seperti karpet). “Mahdan” mengandung pengertian bahwa ia diam, tenang, bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan pembangunan untuk menutup aib orang-orang yang hidup dan yang mati. “Mahdan” juga mengandung pengertian sebagai tempat beristirahat bagi bayi . Bumi dibuat seperti “mahdan” karena banyaknya peristiwa istirahat di atasnya.

Sifat kelima: Dia yang membuat jalan-jalan untukmu diatas bumi. Maksudnya, bahwa manusia bisa memanfaatkannya hanya jika dia bisa bepergian dari satu negeri ke negeri yang lain dan dari satu iklim ke iklim yang lain. Hal ini karena Allah menyediakan jalan-jalan ini dan meletakkan di atasnya tanda-tanda khusus karena jika tidak demikian, maka manusia tidak bisa mengambil manfaat.Kemudian Dia berfirman, “Agar kalian mendapat petunjuk”. Maksudnya, pertama, agar kalian bisa mengambil petunjuk dalam hidup. Kedua, agar dapat petunjuk kepada kebenaran dalam agama.

Sifat keenam: Dia yang menurunkan dari langit air dengan kadar (ukuran) kemudian Kami hidupkan negeri yang mati. Di sini ada beberapa uraian: Pertama, Secara eksplisit bahwa air turun dari langit. Atau turun dari awan. Disebut turun dari langit karena setiap yang ada di atas kita adalah langit. Kedua , yang dimaksud dengan kadar adalah bahwa air turun dari langit sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan oleh suatu tempat tanpa lebih atau kurang, tidak seperti yang diturunkan kepada ummat nabi Nuh tanpa kadar yang pas sehingga menenggelamkan mereka, tetapi diturunkan dengan kadar yang pas sehingga menjadi sumber kehidupan bagi kita dan binatang ternak kita. Ketiga, firman-Nya, “Kami hidupkan dengannya negeri yang mati.” Negeri yang gersang tidak ada tumbuh-tumbuhan, lalu Kami hidupkan ia. Itulah ‘isnyaar’.

Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan…” Dalam hal ini ada 4 pendapat:

Pertama, golongan-golongan seluruhnya. Ini pendapat Said bin Jabir.

Kedua, pasangan-pasangan dalam binatang: jantang dan betina. Ini pendapat Ibnu Isa.

Ketiga, Pasangan-pasangan seperti musin hujan dan musim kemarau, siang dan malam, langit dan bumi, matahari dan bulan, surga dan neraka. Ini pendapat Al-Hasan.

Keempat, pasangan-pasangan semacam pergantian yang terjadi pada manusia antara kebaikan dan kejahatan, iman dan kufur, kaya dan miskin, sehat dan sakit.

“… dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.” Yang dimaksud binatang ternak ada dua pendapat. Pertama, Unta dan sapi, pendapat Said bin Jabir. Kedua, Unta saja, pendapat Mu’adz.

“… dan supaya kamu mengucapkan: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.” Kata “Muqrinin” mempunyai 3 pengertian. Pertama, Mengontrol. Ini pendapat Akhfasy. Kedua, bandingan dalam kekuatan, pendapat Qatadah. Ketiga, menanggung. Ini pendapat Ibnu Abbas.

Q.s al-ankabut ayat 17

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللهِ أَوْثَانًا وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا إِنَّ الَّذِينَ تَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللهِ لاَيَمْلِكُونَ لَكُمْ رِزْقًا فَابْتَغُوا عِندَ اللهِ الرِّزْقَ وَاعْبُدُوهُ وَاشْكُرُوا لَهُ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya ;
“Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain allah itu adalah berhala,dan kamu membuat dusta.sesungguhnya yang kamu sembah selain allah itu tidak dapat memberikan rezeki kepada mu ,maka mintalah rezeki itu di sisi allah,dan sembah lah dia dan bersyukurlah kepada-Nya .hanya kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan”.

Asbabul Nuzul Ayat
Pada mulanya ayat 17 surah al-Ankabut , menceritakan umat Nabi Ibrahim yang tidak mau menyembah Allah. Bahkan mereka menyembah patung-patung buatan mereka sendiri. Dengan demikian Allah menjelaskan bahwa patung-patung atau lainnya yang mereka sembah selain diri-Nya, tidak bisa berbuat apa-apa. Apalagi memberi rezeki untuk kehidupannya. Hanya dari sisi Allahlah rezeki itu didapat. Oleh karena itu sehrusnya mereka hanya menyembah Allah dan bersyukur kepada-Nya, sebab mereka pun akan dikembalikan kepada-Nya.

Hadits tentang Mensyukuri Nikmat

Artinya;
dari Abu hurairah RA berkata ; raslullah saw bersabda ;lihatlah orang yang lebih rendah dari pada kamu dalam urusan dunia dan jangan lah kamu melihat orang yang lebih tinggi dari pada kamu maka dia lebih pantas (menempati)kedudukan yang lebih tinggi dari pada kamu agar kamu tidak mengadai-andai (jangan kamu pantas –pantaskan kedudukan orang di atas mu ) (HR,Bukhari – muslim)”

Bahwa manusia harus bersikap syukur terhadap nikmat allah yang di anugerahkan kepadanya dan resep yang di jelaskan rasulullah adalah manusia agar memandang ke bawah atau lebih rendah dalam hal keduniaan seperti,kedudukan ,pangkat ,dan harta kekayaan karena hal tersebut akan mendorong manusia untuk lebih bersyukur.

Lima macam nikmat Allah SWT, yang diberikan kepada manusia.

1. Nikmat Fitriyah.
Nikmat Fitriyah adalah nikmat yang ada pada diri kita atau personal kita. Misal: Allah memberikan kita hidup ini, tangan, kaki, wajah yang menawan, mata, telinga dan anggota tubuh yang lain. Ini wajib kita syukuri. Dan janganlah angkuh seandainya kita diberikan rupa yang menarik. Syukurilah bahwa itu nikat yang diberikan oleh Allah semata-mata untuk hak-hal kebaikan.

2. Nikmat Ikhtiyariyah.
Nikmat ini berupa nikmat yang kita peroleh atas usaha kita. Misalnya: Harta yang banyak, Kedudukan yang tinggi, Ilmu yang banyak, Pengaruh yang besar, Posisi, Jabatan, Tanah, Mobil dan lain-lain yang kita peroleh atas usaha kita. Nikmat ini harus kita syukuri. Sedekahkan harta yang kita miliki dan pergunakan ke jalan yang diridhoi Allah. Jika menjadi pemimpin dengan jabatan yang tinggi, jangan kita salah gunakan jabatan tersebut, karena itu semua akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.

3. Nikmat Alamah.
Nikmat alam sekitar kita. Kita tidak bisa hidup jika Allah tidak memberikan nikmat alamiah ini. Misalnya: Air, Udara, Tanah dan lain-lain. Mari kita syukuri semua ini dengan menjaga alam ini dari kerusakan. Menjaga udara dari pencemaran, banyak-banyak menanam pohon dan lain-lain.

4. Nikmat Diiniyah.
Nikmat Diiniyah adalah nikmat Agama Islam. Nikmat Iman. Bayangkan jika kita terlahir bukan dari rahim seorang muslimah? Mungkin saat ini kita menjadi kafir. Maka syukurilah nikmat-nikmat diin yang diberikan Allah kepada kita dengan menjalankan perintah-perintah agama serta menjauhi larangan Allah SWT.

5. Nikmat Ukhrowiyah.
Nikmat Ukhrowi adalah nikmat akhirat. Nikamt inilah yang akan kita petik nanti jika telah dihisab di yaumil mahsyar. Nikmat ini tergantung dari apa yang kita perbuat didunia ini. Jika semua nikmat diatas telah kita terima dan kita syukuri dengan baik, maka nikmat ukhrowi ini yang akan kita dapatkan dan rasakan jika nanti sudah di alam akhirat.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan manusia untuk mensyukuri nikmat Allah swt.secara garis bawah Mensyukuri dengan hati, dengan mengakui, mengimani dan meyakini bahwa segala bentuk kenikmatan ini datangnya dari Allah swt semata.

-       Mensyukuri dengan lisan, dengan memperbanyak ucapan alhamdulillah (segala puji milik Allah) wasysyukru lillah (dan segala bentuk syukur juga milik Allah).

-       Mensyukuri dengan perbuatan.
·         Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah untuk menunaikan perintah-perintah Allah, baik perintah wajib, sunnah maupun mubah.
·         Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah dengan cara menghindari, menjauhi dan meninggalkan segala bentuk larangan Allah, baik larangan yang haram maupun yang makruh.

-       Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah untuk menunaikan perintah-perintah Allah, baik perintah wajib, sunnah maupun mubah.

-       Mempergunakan segala bentuk kenikmatan Allah dengan cara menghindari, menjauhi dan meninggalkan segala bentuk larangan Allah, baik larangan yang haram maupun yang makruh.


Namun perasaan bahwa manusia tidak akan mampu mensyukuri nikmat Allah, bisa menjadi kontraproduktif. Ini akan menjadikan manusia frustrasi dan putus asa untuk dapat mensyukuri nikmat Allah dan sikap ini tentunya tidak dibenarkan oleh Islam. Oleh karena itu, ada dua cara yang ditawarkan Rasulullah dalam hal ini, yaitu:

Pertama : Setiap hari hendaklah manusia menunaikan shalat Dhuha. Terkait hal ini beliau bersabda, "Semua itu cukup tergantikan dengan dua rakaat Dhuha” (HR Muslim, hadits no. 720). Maksudnya, shalat Dhuha bernilai cukup untuk menggantikan kewajiban setiap ruas tulang belulang manusia dalam menunaikan kewajibannya untuk bersyukur.

Kedua : Hendaklah seorang manusia merutinkan membaca dzikir pagi dan sore dengan bacaan sebagai berikut: Allahumma ma ashbaha bi (kalau sore membaca: Allahumma ma amsa bi) min ni'matin auw bi ahadin min khalqika faminka wahdaka la syarika laka, falakal hamdu walakasy-syukru. Yang artinya "Ya Allah, kenikmatan apa saja yang engkau berikan kepadaku pada pagi hari ini, atau pada sore hari ini, atau yang engkau berikan kepada siapa pun dari makhluk-Mu, maka semua itu adalah dari-Mu semata, tidak ada sekutu bagi-Mu, maka, untuk-Mu segala puji dan untuk-Mu pula segala syukur."

Rasulullah menjelaskan bahwa siapa saja yang pada pagi harinya membaca dzikir tersebut, maka ia telah menunaikan syukurnya pada hari itu. Dan siapa saja yang membaca dzikir tersebut pada sore harinya, maka ia telah menunaikan syukurnya pada malam hari itu. (HR Abu Daud, An-Nasa-i, menurut Imam Nawawi, hadits ini Isnad hadits ini bagus dan Abu Daud tidak mendha'ifkannya. Namun menurut Syekh Nashiruddin al-Albani hadits ini dha'if).


Syekh Abul Hasan Ubaidullah al-Mubarakfuri berkata dengan mengutip dari Imam Asy-Syaukani, "Hadits Rasulullah ini mengandung faedah agung dan perilaku mulia, sebab hadits ini telah menjelaskan bahwa kosa kata yang singkat dan pendek ini telah mampu menunaikan kewajiban bersyukur...” (lihat Mir'atul Mafatih Syarh Misykatul Mashabih, juz 8 hal. 148

Sumber : https://siska29.blogspot.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

https://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com